BAPPEDA KAB. BONE


Kembali ke Berita

Kiat bappeda bone akselerasi penyerapan anggaran masa pendemi covid 19

Diunggah pada 2020-08-08 12:53:16


Arahan Presiden Jokowi tentang pemulihan ekonomi nasional yang meminta daerah untuk mempercepat penyerapan anggaran, utamanya covid 19 disikapi Bappeda Bone secara positif.
Pembangunan di Kabupaten Bone yang berjuluk bumi Arung Palakka ini berkembang pesat pada lima tahun terakhir, ditandai laju pertumbuham ekonomi 9 persen yang berada diatas pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan.
Rencana pembangunan infrastruktur terkendala dengan adanya pamdemi covid 19, menjadikan bidang kesehatan mendapat perhatian utama. Namun demikian, hal itu tetap berpedoman pada peraturan yang ada seperti peraturan pemerintah, permendagri.
Dana dari pusat tersedia Rp. 90 Milyar namun Rp. 50 Milyar telah dikembalikan ke pusat. Dalam perkembangan 3 bulan berjalan, ada kebijakan baru bisa digunakan kembali dengan ketentuan untuk kegiatan yang telah direncakan dan bukan membuat kegiatan baru seperti pembangunan jalan, pariwisata dan lainnya yang memang diperuntukkan di tahun 2020 dan dilaporkan secara berkala.
Menurut Kepala Bappeda Bone DR. Ade Fariq Ashar, S.STP, M.Si "untuk dana covid 19 harus berhati-hati sebab contoh dibidang ketahanan pangan seperti pemberian bantuan bibit, apakah memang yang dibantu adalah petani yang berdampak covid 19, karena ada petunjuk dari pihak terkait, Inspektorat dan Kejaksaan".
Di masa new normal dalam penyerapan anggaran diperlukan sinergitas, utamanya dalam penerapan protokol kesehatan, namun kegiatan di bidang sektor ekonomi tetap bisa berjalan, ungkap Kepala Bappeda Bone.

https://youtu.be/r7dmFqnjCfc

Kembali