BAPPEDA KAB. BONE


Kembali ke Berita

Menjelang akhir program SCPP, Swisscontact menyerahkan bantuan peralatan budidaya kakao kepada petani di Kabupaten Bone

Diunggah pada 2020-09-07 15:23:29


Menjelang rampungnya Program SCPP di Sulawesi Selatan, Swisscontact melakukan pertemuan dengan petani kakao Kabupaten Bone. Swisscontact adalah organisasi non-profit yang mendapat dukungan dari negara Swiss baik pemerintah maupun pihak swasta di negara tersebut untuk kerjasama pembangunan. Proyek Swisscontact di Indonesia adalah Sustainable Cocoa Production Program (SCPP). Dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda dan Kepala Bidang Perkebunan Dinas PTPHP ini Swisscontact melaporkan capaian yang diperoleh dari pelaksanaan program SCPP di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Bone. Suharman dari Swisscontact menjelaskan pelajaran-pelajaran penting serta kendala yang dialami selama berlangsungnya program dan juga rekomendasi tindak lanjut kepada pemerintah dan pihak terkait. 

Kepala Bidang Perkebunan Dinas PTPHP Hasanuddin, SP menjelaskan tentang kondisi lahan perkebunan kakao di Kabupaten Bone dan harapan agar petani kakao dapat kembali ke masa kejayaan seperti pada tahun 1998 di mana harga kakao sangat bagus dan mendongkrak kesejahteraan petani kakao. Sementara Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Andi Hendra Setiawan, S.Pt  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Swisscontact yang telah berpartisipasi aktif membina kelompok-kelompok petani kakao dalam upaya meningkatkan produksi dan kualitas kakao di Kabupaten Bone melalui sertifikasi, tentunya dengan harapan meningkatkan kesejahteraan petani kakao.

Pada pertemuan yang dilaksanakan pada Jum'at (4/9/2020) di Pembibitan Kelompok Tani Sipakainge Desa Mattaropuli Kecamatan Bengo ini Swisscontact membagikan peralatan budidaya kakao kepada perwakilan petani kakao di Kabupaten Bone dan Kabupaten Wajo.

Kembali