BAPPEDA KAB. BONE


Kembali ke Berita

PEMDA BONE RESMIKAN SEKOLAH MITRA PROGRAM PROSPER II

Diunggah pada 2020-09-01 21:01:44


Yayasan CARE Peduli melaksanakan pertemuan di Hotel Novena Bone pada hari senin, 31/8. Pertemuan yang dihadiri oleh Cargill, Bappeda Bone, Dinas Pendidikan Bone, Dinas Kesehatan Bone, Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Bone, Dinas Lingkungan Hidup Bone dan Dinas Ketahananan Pangan Bone ini turut pula dihadiri oleh staf ahli Bupati Bone bidang ekonomi dan keuangan, A. Alimuddin M., S.Sos yang mewakili Bupati Bone. 
Dalam kesempatan tersebut, selain menyepakati sekolah-sekolah yang akan menjadi Mitra program PROSPER, OPD yang hadir juga menyebutkan beberapa isu penting dalam rencana implementasi program Prosper seperti meneguhkan komitmen kepala sekolah dan OPD dalam mendukung implementasi program, melakukan kolaborasi dalam proses pencapaian tujuan, mendorong terdapatnya sekolah percontohan dalam bidang sanitasi, hygienetas, nutrisi, dan perlindungan anak. 
Alimuddin dalam paparannya menyebutkan bahwa program ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan bagi pemerintah bisa memperkaya upaya strategis pemerintah kabupaten Bone meningkatkan pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten Bone. 
Fadhil dari Cargill Indonesia memberikan apresiasi atas dukungan dan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Bone, serta mengharapkan agar program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Bone.
Lola Amelia selaku Project Manager Program PROSPER  II, menyebutkan bahwa intervensi yang dilaksanakan nantinya, akan menyentuh perbaikan fasilitas air, toilet, sarana cuci tangan, kantin, kebun sekolah. Program juga akan dilengkapi dengan peningkatan kapasitas pemerintah daerah, penyusunan modul, pelatihan bagi kepala sekolah, guru dan siswa, dan fasilitasi penyusunan panduan sekolah ramah anak. Semua kegiatan tersebut diharapkan dapat berkontribusi bagi perbaikan kualitas pendidikan anak bukan hanya di sekolah yang menjadi mitra tetapi juga di sekolah lain di kabupaten Bone. 
A. Hendra Setiawan Kabid Ekonomi Bappeda mewakili Kepala Bappeda selaku koordinator tim monitoring, asistensi dan evaluasi program Prosper Kabupaten Bone mengatakan bahwa keberlangsungan program ini membutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder, krn sekolah yang terpilih sebagai sekolah binaan diharapkan menjadi percontohan model sekolah ideal dalam hal ketersediaan air bersih, sanitasi, PHBS, Kantin sehat, UKS, kelembagaan dan partisipasi masyarakat bagi sekolah-sekolah lain di kabupaten Bone.

Kembali