BAPPEDA KAB. BONE


Kembali ke Berita

Penandatanganan Rencana Kerja Tahunan Sustainable Cocoa Production Program (Swisscontact-SCPP)

Diunggah pada 2020-07-29 12:36:18


Pada hari Selasa (28/7/2020), Kepala Bappeda Kabupaten Bone Dr. Ade Fariq Ashar, S.STP, M.Si didampingi Sekretaris Hj. Syamsidar, S.Pi, M.Si dan Kepala Bidang Ekonomi Andi Hendra Setiawan, S.Pt menerima kunjungan Officer Swisscontact Indonesia dalam rangka koordinasi dan penandatanganan kesepakatan bersama Rencana Kerja Tahunan (RKT) program SCPP (Sustainable Cocoa Program) atau Program Produksi Kakao Berkelanjutan di Kabupaten Bone Tahun 2020. SCPP adalah kerjasama skala besar antara Sekretariat Negara Swiss untuk Urusan Ekonomi (SECO), Swisscontact dan perusahaan di sektor kakao, yaitu Barry Callebaut, Cargill Cocoa and Chocolate, JB Cocoa, Mars Inc. dan Mondelez International. SCPP diimplementasikan di 4 (empat) provinsi di Indonesia, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah dengan 11 (sebelas) kabupaten. Untuk wilayah Sulawesi Selatan salah satunya diimplementasikan di Kabupaten Bone.

Program SCPP akan ditujukan pada dampak dari penurunan kemiskinan dan emisi gas kaca di sektor kakao Indonesia. Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya daya saing rantai nilai kakao yang inklusif dan yang peduli lingkungan, dengan hasil menengah (Intermediate Outcomes) yang berhubungan dengan tiga perubahan perilaku pemangku kepentingan di sektor kakao yang berkaitan dengan praktek produksi, praktek lingkungan dan dukungan ke masyarakat sekitar.

Melalui Program SCPP di Kabupaten Bone diharapkan sebanyak 3.000 petani kakao akan memperoleh pelatihan CoC sertifikasi RA/UTZ dan sebanyak 2.400 petani kakao mendapatkan coaching/pendampingan secara langsung.

Kembali