Bimtek Penyusunan Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah Tahun 2018-2023

Pemerintah Kabupaten Bone melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengelar Bimbingan Teknis Penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis (Renstra) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Bone di Hotel Novena, Jumat (02/11). Bimtek ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kab. Bone Drs. H. Abu Bakar, MM.

Rencana Strategis (Renstra) merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Ketika ada dinamika atau ada perubaahan dalam renstra, perubahan tersebut harus tetap terkoneksi dengan RPJMD, sebagai perencanaan awal sehingga harus tetap terkoneksi satu sama lain. Sesuai permendagri 86 tahun 2017 Renstra disusun tidak lagi memuat visi misi OPD namun hanya mengacu pada visi misi Bupati yang termuat dalam RPJMD, jadi tujuan bimtek ini di gelar untuk menarik benang merah pada RPJMD sehingga Renstra yang disusun nantinya bersinergi dan sejalan dengan Visi Misi Bupati. Demikian diungkapkan Kepala Bappeda pada pembukaan acara.

Beliau juga mengaharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti secara seksama dan memahami tentang apa yang disusun pada bab – bab RPJMD integral dengan penyusunan renstra. Dengan begitu, ditekankan adanya integrasi renstra dengan supporting data yang ada di masing – masing OPD.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *