Bimtek Rancangan Teknoratik RPJMD Kabupaten Bone Tahun 2018-2023

   

Kabupaten Bone merupakan salah kabupaten di Sulawesi Selatan yang ikut melaksanakan kontestasi pemilihan kepala daerah. Berdasarkan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 bahwa Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada serantak Tahun 2018 diharuskan menyusun Rancangan Teknokratik RPJMD. Langkah awal yang dilakukan Kabupaten Bone melalui Bappeda Kab. Bone dalam menyusun Rancangan Teknokratik RPJMD adalah membentuk Tim dan meningkatkan kapasitas SDM Tim melalui Bimbingan Teknis.

Rancangan Teknokratik RPJMD merupakan Naskah Akademik RPJMD yang memuat kajian secara empirik dan ilmiah terhadap kondisi, potensi, masalah dan isu-isu strategis yang dihadapi lima tahun kedepan, ini merupakan hal baru dalam regulasi perencanaan pembangunan daerah. Untuk itu, Bappeda Kabupaten Bone melaksanakan Bimtek Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD yang dikerjasamakan dengan Tim P2KP Universitas Hasanuddin pada Selasa, 23 Juli 2018 bertempat di D’Kotak Jln. Jenderal Sudirman Watampone.

Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bone Drs. H. Abu Bakar, MM. beliau menyampaikan bahwa Bimtek ini penting dilaksanakan sebagai langkah awal untuk menyiapkan dokumen perencanaan yang berkualitas, jadi saya harapkan semua peserta agar serius mengikuti Bimtek ini sampai selesai, karena berkualitas atau tidaknya dokumen yang dihasilkan nanti terletak pada keseriusan kalian semua sebagai tim penyusun. Selain itu, Ketua Tim P2KP Universitas Hasanuddin Dr. Agussalim, SE, M.Si juga menyampaikan bahwa dokumen perencanaan yang baik antara lain :

  • Memiliki konsistensi antar substansi/bagian;
  • Sinkron dan selaras dengan dokumen perencanaan lainnya, baik secara vertikal maupun horizontal;
  • Memiliki kelengkapan data dan kedalaman analisis data;
  • Jelas dalam mengungkapkan kinerja yang ingin dicapai;
  • Mengakomodir aspirasi dari berbagai pemangku kepentingan;
  • Mengikuti proses dan tahapan yang telah diatur di dalam peraturan perundangan

Bimtek ini berjalan dengan lancar sampai selesai dan peserta berjumlah 30 orang yang dipilih dari beberapa perangkat daerah juga antusias mengikutinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *